Rabu, 24 Juni 2009

Buku TIK SMP

Published by tomi at 16:43 under Komputer / Internet

buku tik smpUntuk suatu keperluan, saya harus melakukan review buku-buku TIK (Teknologi Infomasi dan Komunikasi) tingkat SMP, atau yang sekarang disebut kelas, 7, 8, dan 9. Secara sekilas saya kaget. Ternyata apa yang dulu saya baru mulai pelajari ketika masuk perguruan tinggi (yaitu belajar ngetik pake WS ketika mau bikin skripsi S1), ternyata sekarang dipelajari mulai kelas 1 SMP, dan tentu bukan dimulai dengan pelajaran DOS, tapi Windows.
Apa yang disampaikan juga dilengkapi dengan uraian pendahuluan tentang pengenalan komputer secara umum. Yang saya sangsikan adalah, apakah dengan cara penyampaian seperti di situ anak-anak SMP bisa ngerti ? Misalnya ada kata-kata begini : “Apa kamu mengetahui cara menghubungkan CPU dengan main memory? CPU dengan main memory dihubungkan oleh BUS yang diletakkan pada memory data register, memory address register, dan unit kendali pada CPU. BUS adalah suatu sirkuit yang merupakan jalur transportasi informasi antara dua atau lebih alat-alat dalam sistem komputer”
Gila, apa anak-anak SMP bisa punya visualisasi tentang itu? Lebih penting lagi, apakah mereka akan sekedar manggut-manggut, atau memang bener mengerti ?




Saya nggak bisa membayangkan bagaimana sang guru menyampaikan / menjelaskan itu.
Pengarang buku ini memang Sarjana Komputer, tapi nampaknya mereka harus lebih empati lagi pada daya tangkap anak SMP. Hmm, mungkin akal sehat seharusnya sudah mengatakan bahwa yang begituan itu bukan levelnya SMP.
Tapi secara keseluruhan saya kagum. Kalau anak SMP saja sudah diajari kayak begini, bukankah bisa dibayangkan nanti kalau mereka masuk perguruan tinggi ? Maka percuma saja di perguruan tinggi diberikan mata kuliah Office, atau adanya keharusan untuk punya kemampuan Office. Kenyataannya memang sekarang banyak perguruan tinggi yang begitu. Karena hal ini, nampaknya tiga atau empat tahun lagi, mahasiswa harus sudah diasumsikan bisa ngetik dan Internet. Internet ?
Ya, ternyata di buku kelas 9 Saya mendapati bahwa Internet juga sudah diajarkan. Persisnya adalah membuat koneksi dial-up menggunakan Telkomnet Instan. Saya akan update entri blog ini dengan temuan-temuan aneh lainnya :) Saya masih harus menyelesaikan baca 2 buku lagi.

1 komentar:

  1. Belajar sebuah computer tidaklah cukup dengan kita belajar teori saja, melainkan pembelajaran computer itu harus disertai dengan praktek yang padat...., dan yang terpenting adalah membutuhan suatu keseriusan yang sangat besar...,

    belajarlah computer mulai dari sekarang...
    besok.... dan seterusnya...,
    jangan berhenti samapai disini.....

    BalasHapus