Jumat, 26 Juni 2009

GEOSOS KLS VII

KUNCI JAWABAN
KUKER GEOGRAFI DAN SOSIOLOGI KELAS 7



Bab 1. Gambaran Bentuk Permukaan Bumi

Pilihan Ganda

No. Jawab No. Jawab No. Jawab
1 A 11 B 21 B
2 A 12 A 22 C
3 D 13 D 23 B
4 D 14 D 24 B
5 A 15 A 25 C
6 C 16 B 26 D
7 C 17 A 27 B
8 B 18 B 28 C
9 C 19 D 29 B
10 C 20 A 30 C


Isian Singkat

1. Pelapikan kimia; pelapukan organis
2. Sedimen; marine; kimia
3. Tektonisme
4. magma; dapur magma; ekstrusi; mekanis; kimia; dan organis
5. Gempa bumi; seismograf; seismogram; hiposentrum; episentrum
6. tenaga geologi; tenaga endogen; tektonisme, vulkanisme, dan seisme
7. Alfread Wegener; pangea
8. Lempeng Australia, lempeng eurasia, lempeng pasifik, lempeng amerika utara, lempeng amerika selatan, lempeng afrika, lempeng antartika. zona subduksi.
9. maar
10. air, angin, manusia




Jawaban Soal Esai

1. Persamaan sama bentukan alami akibat dari tenaga eksogen. Perbedaan delta dan dataran banjir. Delta alah endapan material yang terbentuk di muara sungai akibat dari banyaknya material yang dibawa oleh aliran sungai. Sedangkan dataran banjir adalah daerah yang sering tergengan karena adanya banjir yang tterjadi sepanjang aliran sungai.

2. Gempa Bumi adalah bergesernya lapisan kulit bumi akibat dari dorongan tenaga dari dalam bumi. Tiga macam bencana akibat dari tenaga endogen, yaitu gempa bumi, gunung meletus, dan tsunami.
3. Adanya gempa dengna pusat gempa yang terjadi di laut dengan kedalaman sedang 30 km yang sering meinmbulkan tsunami pada daerah pantai memang sangat menakutkan. Untuk itu kita perlu adanya metigasi dan sosialisati pemahaman tentang apa itu tsunami terhadap masyarakat, yang sering dilanda gempa dan tinggal di daerah pantai? Agar mereka paham bahwa setiap gempa yang terjadi tidak selalu menimbulkan tsunami ada syarat-syaratnya, sehingga bila terjadi gempa tidak timbul kepanikan. Contoh Tsunami yang terjadi di acah beberapa waktu ayng lalu, karena kurang pemahaman tentang arti Tsunami sehingga pada saat gempa terjadi mereka gak menyangka akan terjadi Tsunami selelah terjadinya gempa. Sehingga akibat dari gampa dan tsunami tiu menimbulkan banyak korban jiwa dan harta benda.

4. Pelapukan dibedakan menjadi tiga, yaitu pelapuakan mekanik, pelapukan organis, dan pelapukan kimia. Pelapukan mekanik adalah proses pecahnya batuan menjadi pecahan-pecahan batuan yang lebih kecil tanpa mengalami perubahan komposisi kimi batuan. Pelapukan mekanik terjadi karean adanya perubahan suhu yang mencolok antara siang dan malam, biasanya terjadi di daerah gurun pasir. Pelapukan kimiawi adalah proses perubahan atau rusaknya batuan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, karena perubahan komposisi kimia batuan. Pelapukan organis adalah pelapukan ayng di sebakan oleh tenaga organis, baik tumbuhan, hewan, maupun aktifitas manusa.
5. monadnock adalah hasil denudasi berupa bukit-bukit kecil sisa-sisa bagian gunung yang keras dan biasanya berupa batuan ianduk yang keras. contoh deretan pegunungan di Gunung Kidul, Yogyakarta. sedangkan masswasting adalah perpindahan massa batuan karena gravitasi bumi. contoh tanah mengalami amblas.









Ujian Tengah Semester 1



No. Jawab No. Jawab
1 A 11 D
2 C 12 A
3 D 13 A
4 A 14 B
5 B 15 B
6 A 16 C
7 D 17 C
8 A 18 D
9 A 19 A
10 D 20 B


b. Jawaban Soal Esai

1. Perbedaan dataran tinggi dan dataran rendah
a. dataran rendah adalah daerah yang membentang luas dengan ketinggian 0-200 m di atas permukaan air laut. Sedangkan datran tinggi adalah daerah yang bergunung-gungung sehingga topografinya bergelomnag.
b. dataran rendah memili cadangan air yang cukup. Sedangkan dataran tinggi kadang cadangan airnya sedikit.
c. dataran rendah biasnya di gunakan untuk pertanian lahan basah. Sedangkan
dataran tinggi biasanya untuk perkebunan.
d. keadaan udara didatran rendah panas sedangkan di dataran tinggi sejuk sehingga biasa untuk tempat istirahat dan rekreasi.

2. Depresi kontinental adalah penurunan benua akibat dari gempa bumi sehingga seolah-olah permukaan air laut naik.
3. Tiga macam tenaga endogen, yaitu tektonisme, vulkanisme, dan seisme.
4. Siklus batuan adalah proses perjalanan terbentuknya batuan dari magma yang keluar dari dalam bumi kepermukaan bumi yang mengalami pendinginan menjadi batuan beku. Kemudian batuan itu mangalami pelapukan karena pengaruh dari tenaga eksogen (sinar matahari, hujan , organisme, maupun manusia) mnjadi batuan beku. kemudian batauan sedimen dan batuan beku berubah menjadi batuan metamof.
5. karena kehidupan manusia tidak lepas dari lingkungan, artinya manusia dalam melakukan aktifitas sehari-hari selalu memanfaatkan lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya.
Bab 2 Proses Sosial sebagai Pembentukan Kepribadian


A. Pilihan Ganda

1. B
2. C
3. A
4. D
5. C
6. B
7. A
8. D
9. A10. D 11. D
12. B
13. C
14. C
15. D
16. B
17. C
18. B19. C20. B 21. D
22. C
23. C
24. D
25. B
26. D
27. C
28. D29. B30. D 31. A
32. C
33. D
34. D
35. C
36. B
37. D
38. A39. B40. B


B. Isian

1. Sugesti, identifikasi
2. Gotong royong, kontrak, koalisi
3. Solidaritas, persatuan, dan kerja sama. Simpati. Individualis


C. Essai

1. Interaksi berasal dari kata action yang berarti tindakan dan inter berarti berbalas-balasan atau hubungan timbal balik, jadi dapat diartikan interaksi sosial sebagai kegiatan atau hal saling melakukan aksi, berhubungan, dan memengaruhi.

2. Ciri-ciri interaksi sosial menurut Charles P. Loomis.
a. Jumlah pelaku lebih dari satu orang.
b. Adanya komunikasi antarpelaku dengan menggunakan simbol-simbol atau lambang.
c. Adanya tujuan yang akan dicapai dari hasil-hasil interaksi sosial tersebut.

3. Proses sosialisasi dalam masyarakat dapat dilakukan oleh media sebagai berikut.
a. Keluarga
b. Sekolah
c. Media massa
d. Teman sepermainan

4. Dengan adanya sosialisasi dari keluarga dan masyarakat seorang individu dapat mengetahui tantang nilai dan norma, serta adat istiadat yang berlaku di masyarakat. Sehingga dengan demikian seorang individu terhindar dari perilaku-perilaku yang menyimpang. Adanya sosialsiasi dari keluarga dan masyarakat menyebabkan seorang individu mengetahui mana yang baik dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan.

5. Media massa baik cetak maupun elektronik saat memegang peranan yang penting dalam proses sosialiasi dan sangat efektif memengaruhi perilaku seseorang. Media massa dapat membawa pengaruh positif dan negatif dalam sosialisasi. Untuk itu, kita perlu selektif dalam memilih apa yang ditampilkan dan ditayangkan oleh media massa. Pesan yang baik dari media massa kita ambil, sedangkan pesan yang tidak baik tidak dilakukan.


Permainan

1. Kunci Jawaban secara Horizontal:
a. Asosiasi
b. Asimilasi
c. Sosialisasi
d. Gilin dan Gillin
2. Kunci Jawaban secara Vertikal
a. Kepribadian
b. Kompetisi
c. Interaksi





















UJian Akhir Semester 1

No. Jawab No. Jawab No. Jawab No. Jawab
1 A 11 D 21 A 31 B
2 D 12 B 22 B 32 C
3 C 13 D 23 D 33 B
4 A 14 B 24 C 34 C
5 A 15 B 25 D 35 D
6 C 16 D 26 A 36 A
7 A 17 C 27 C 37 D
8 B 18 A 28 B 38 B
9 A 19 C 29 C 39 C
10 C 20 B 30 B 40 D


Jawaban Soal Esai

1. Hors adalah bagian dari patahan yang lebih tinggi daeri daerah sekitarnya.
2. Macam-macam batuan beku, yaitu batuan beku luar, batuan beku gang, dan batuan beku dalam.
3. Daerah yang cocok untuk tanaman padi adalah daerah dataran rendah yang mempunyai ketersediaan air yang cukup dan mempunyai saluran irigasi yang baik.
4. Di daerah dataran rendah dan daerah sekitar aliran sungai.
5. Hujan orografis terjedi bila udara yang mengandung uap air ditiup angain dan membentur pegunungan maka uap air akan naik ke lereng pegunungan. Semakin ke atas suhu semakin turun menyebabkan udara mengandung uap ai berkondensasi dan membentuk awan. pada saat awan sudah tidak mampu menehan kumpulan titik-titik air, terjadilah hujan orogafis.
6. Proses sosial adalah hubungan-hubungan yang terjadi antara manusia yang bersifat dinamis. Proses sosial dalam bentuknya yang paling umum adalah interaksi sosial.
Interaksi diartikan sebagai hal saling melakukan aksi, berhubungan dan memengaruhi. Interaksi berasal dari kata action yang berarti tindakan dan inter artinya berbalas-balasan atau hubungan timbal balik, saling mempengaruhi.

7. Proses Asosiatif adalah proses interaksi sosial yang mengarah pada bentuk kerja sama dan persatuan untuk meningkatkan solidaritas anggota kelompok. Dalam proses ini terdapat tiga bentuk yaitu kerja sama, akomodasi dan asimilasi. Proses Disosiatif adalah proses interaksi soaial yang cenderung membawa kelompok ke arah pertentangan (konflik) dan merenggangkan solidaritas. Ada tiga bentuk khusus proses disosiatif, yaitu kompetisi (persaingan), contravention (kontraversi) dan konflik (pertentangan).
8. Faktor yang menghambat asimilasi sebagai berikut.
a. Kehidupan suatu kelompok yang terisolir atau terasing
b. Kurangnya pengetahuan mengenai kebudayaan golongan masyarakat lain
c. Perasaan takut terhadap kekuatan kebudayaan lain.
d. Adanya perbedaan ciri fisik
e. Perbedaan kepentingan atau pertentangan pribadi
f. Adanya in group feeling yang kuat

9. Faktor-faktor yang membentuk kepribadian seseorang adalah berdasarkan keturunan, lingkungan alam, dan faktor kebudayaan tempat seorang individu berada.

10. a. Kompetisi adalah suatu proses sosial dimana individu atau kelompok bersaing untuk mencapai tujuan tertentu secara baik-baik tanpa menghancurkan pihak lain.
b. Kontravensi adalah suatu proses sosial yang berada di antara persaingan dan pertentangan (konflik), yang ditandai gejala-gejala ketidakpuasan mengenai seseorang, perasaan takut yang disembunyikan, dan kebencian dan keraguan terhadap pihak lain.
c. Konflik adalah suatu proses sosial dimana individu atau kelompok berusaha memperoleh sesuatu yang diinginkan dengan cara menekan atau menghancurkan pihak lain.




















Bab 3 Penggambaran Permukaan Bumi



No. Jawab No. Jawab No. Jawab
1 A 11 C 21 D
2 C 12 C 22 A
3 A 13 A 23 B
4 D 14 A 24 A
5 A 15 C 25 A
6 D 16 B 26 D
7 C 17 C 27 B
8 B 18 D 28 A
9 C 19 D 29 B
10 B 20 B 30 C



Jawaban Isian singkat

1. Meridian Greenwick; batas penaggalan international
2. kontur; topografi; rapat; jarang.
3. karena simbol dan lambang yangdigunakan pada peta telah disepakati leh ahli-ahli kartografi. selektif artinya peta tersebut hanya menampilkan sebagian dari permukaan bumi saja; alam dan budaya; fenomena-fenomena geografis di permukaan bumi.
4. orientasi; kompas
5. globe
6. hal 21 kolom B dan baris 4
7. daratan dan lautan
8. 1 cm di wakili 200.000 cm di lapangan; 7 x 200.000 cm = 1400.000 cm = 14 km di lapangan
9. alat analisis dan perencana pembangunan, alat laporan, dan peraga.
10. budaya






Jawaban Soal Esai

1.

2 Enam warna yang umum di gunakan, yaitu warna hijau, biru, kuning, coklat, merah, dan hitam
3. Informasi yang dapat diperoleh pada sebuah globe adalah kita dapat membayangkan bentuk bumi yang sesungguhnya, kita dapat mengetahui bentuk rotasi bumi, kita dapat menunjukkan garis lintang dan bujur, dan kita dapat mengetahui sumbu kemiringan bumi.
4. Persamaannya, yaitu sama-sama mengambarkan gambaran konvensiaonal dari permukaan bumi pada bidang datar. Perbedaanya peta mengambarkan bumi dalam bentuk selembar saja. Sedangkan atlas merupakan kumpulan dari peta-peta
5. Caranya, yaitu sebagai berikut.
a. mempersiapkan peta yang akan diperbesar
b. misalnya kit aakan memperbesar 2x maka buatlah gridatau kotak-kotak yang digambar dengan ukuran 2 cmx 2 cm.
c. setelah kotak-kotak/grid selesai di buat pada peta maupun kertasnya yang akan di gambarkan, berilah urutan 1, 2, 3.... dan sterusnya, pada bagian samping kiri dan abjad a, b, c,....dan seterusnya pada bagian atas grid.
d. Gambarlah kenampakan peta pada kertas yang telah dibuat grid, dengan mengacu pada angka dan abjad yang ada.


Permainan

1. kartograf
2. peta mental
3. pantograf
4. indeks
5. wilayah
6. titik
7. korografi
8. eliptika
9. terjal
10. grafik
11. tinggi
12 kompas
13. greenwick
14. streometri
15. tematik


Bab 4 Kondisi Geografi dan Penduduk


No. Jawab No. Jawab No. Jawab
1 C 11 B 21 B
2 C 12 C 22 B
3 A 13 A 23 B
4 C 14 D 24 C
5 D 15 B 25 B
6 A 16 A 26 C
7 A 17 - 27 C
8 B 18 A 28 C
9 B 19 D 29 -
10 A 20 D 30 C




Jawaban Isian Singkat

1. Memerangi buta aksara, memberlakukan undang-undang wajib belajar, dan menambah jumlah sekolah untuk berbagai jenjang pendidikan.
2. Survei pendududuk, sensus penduduk, dan Supas.
3. 4; cina; india; dan amerika; 3; cina dan india
4. 23,50; Rotasi bumi
5. Transmigrasi, pembukaan lahan baru; pembangunan industri pedesaan untuk mengurangi urbanisasi ke kota; peningkatan program KB.
6. Peningkatan gizi keluarga; memperbanyak sarana dan prasarana kesehatan; peningkatan mutu pelayanan; memperbanyak tenaga kesehatan; memperbaiki kualitas lingkungan hidup.
7. memusat; sarana transportasi ; jalan raya; jalan kerta api; pertokoan; pasar; dan sarana pendidikan.
8. Terrasering; sayur-mayur; buah-buahan; tanaman hias.
9. bergelombang; panorama yang indah; menyebar atau terpencar.
10. pola angin dan curah hujan; angin siklon; adanya pengaruh El-nino dan La-nina.







Jawaban Soal Esai


1. Dua perbedaan antar El-nino dan La-nina.
a. El-nino merupakan fase panas sedangkan La-nina merupakan fasi dingin.
b. Dampak dari El-nino bisa menimbulkan kemarau ayng panjang, sedangkan
Lanina dapat menimbulkan musim hujan yabng berkepanjangan.
2. Karema posisi .bumi terhadap matahari tidak tegak lurus, tetapi mampunyai
. kemiringan 23,30 .
3. Norwegia dan swedia. peringkat HDI beberapa negara antar lain. Norwegia, Swedia, kanada, belgia, australia, dan amerika serikat.
4. Karena angka harapan hidup banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain, tinkgat kesehatan dan ekononi wilahay tersebut tidak sama, sehingga membuat angka harapan hidup wilayh tersebut tidak sama.
5. kondisi wilayah pegunungan yang bergelombang maka pemukiman penduduk cenderung menyebar. Disamping itu, karena pegunungan mempunyai hawa yang sejuk dan panorama yang i ndah biasanya daerah pegunungan di kembangkan untuk daerah pariwisata.


Permainan

1. Selat Sunda
2. Khatulistiwa
3. Timor Leste
4. Peso Filipina
5. Kuala Lumpur
6. Thailand
7. Irawadi
8. Monarki
9. ASEAN
10. Asmat
11. Musi
12. Lava












Ujian Tengah Semester 2


No. Jawab No. Jawab
1 D 11 C
2 C 12 D
3 A 13 B
4 B 14 B
5 C 15 A
6 D 16 C
7 D 17 D
8 A 18 C
9 B 19 D
10 B 20 B


Jawaban Soal Esai

1. Atmosfer adalah lapisan udara yang menyelubungi bumi. Atmosfer terdiri atas campuran gas, air, dan partikel debu.
2. Unsur-unsur cuaca dan iklim, antara lain suhu udara, klembapan udara, tekanan udara, angin, curah hujan.
3. Karena terjadi perbedaan tekanan udara antara kedua wilayah tersebut pada siang dan malam.
4. siklus hidrologi terjadi karena senantiasa air bergerak dalam suatu lingkungan peredaran yang akan kembali pada posisi semula.
5. permukiman didaerah pedesasan biasanya memusat pada suatu wilayah, sedangkan permukiman pada daerah perkotaan menyebar.













Bab 5 Atmosfer dan hidrosfer serta pengaruhnya Terhadap Kehidupan



No. Jawab No. Jawab No. Jawab
1 B 11 B 21 B
2 A 12 - 22 B
3 C 13 A 23
4 B 14 D 24 A
5 - 15 C 25 C
6 B 16 A 26 A
7 B 17 C 27 A
8 - 18 D 28 B
9 D 19 D 29 C
10 D 20 30 B



Jawaban Isian singkat

1. kedap air; atau tidak tembus air; tembus air; besar; air tanah
2. hulu; tengah, hilir; meander; tapal kuda atau oxbow lake.
3. tertentu; sempit; 1-14 m; suhu udara; tekanan udara; kelembapan udara; angin; curah hujan. meterologi; klimatologi.
4. terbawah; berbeda-beda; 15 km; 11 km; 9 km; 12 km; planetair; konveksi; tropopause.
5. suhu dan tekanan; baling-baling; kantonga angin; anemometer.
6. pemanasan; vertikal; konveksi; pendinginan; pengembunan; awan; Zenital
7. kedap air; infiltrasi; vegetasi; penutup permukaan bumi; rongga tanah
8. Eropa dan afrika; asia dan australia
9. Arus laut; Perbedaan suhu; arah gerakan angin tetap; siklus pasang surut
10. 12 km; dasar lurus; deklarasi Juanda; 13 Desember 1957; wawasan nusantara.









Jawaban Soal Esai

1. laut menurut proses terjadinya, yaitu senagai berikut.
a. laut ingresi, yaitu laut yang sangat dalam, lebih dari 200 m, terjadi karena dasar laut mengalami penurunan. contoh laut maluku dan laut Sulawesi.
b. laut transgresi adalah laut dangkal yang terjadi karena permukaan air laut bertambah tinggi atau sebaliknya dataran turun sehingga tergenang air. contoh. laut jawa. Laut Arafuru.
c. laut regresi adalah laut yang menyempit akibat adanya proses sedimentasi lumpur yang dibawa sungai.
2. kadar garam air laut tidak sama karena dipengaruhi oleh oleh besar kecilnya penguapan air laut; dan bayak sedikitnya penambahan air tawar, baik dari air sungai, air hujan, atau gletser.
3. a. sungai konsekuen sungai yang arah alirannya sesuai dengan lereng daratan.
b. sungai insekuen, yaitu sungai yang memilikiarah aliran tidak teratur dan tidak terikat oleh daratan.
Gambar :
4. Lima lapisan atmosfer, yaitu lapisan troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, ekosfer. Semua penting karena setiap lapisan atmosfer mempunyai fungsi yang berbeda-beda untuk memberi kenyamanan hidup bagi kehidupan di bumi.
5. perbandingan wilayah laut dan daratan di wilayah indonesia, yaitu 3:2. Batas-batas perairan international yang disepakati berdasarkan perjanjian international ialah batas landas kontinen, batas laut teritorial, dan batas Zone ekonomi eklusif.


Permaianan

Mendatar

2. gletser
4. insolasi
6. isobar
8. atmosfer
9. neritik
10. air tanah
11. angin

Menurun

1. cuaca
3. obsekuen
5. oceanografi
7. tombolo
Bab 6 Pola Kehidupan Manusia di permukaan Bumi

No. Jawab No. Jawab No. Jawab
1 A 11 A 21 A
2 C 12 C 22 A
3 C 13 B 23 C
4 B 14 D 24 A
5 C 15 D 25 B
6 D 16 A 26 D
7 C 17 A 27 A
8 B 18 C 28 A
9 C 19 D 29 C
10 A 20 B 30 A


Jawaban Isian singkat

1. Tanah; iklim; topografi
2. sirkuler; industri; ekonomi8; perdagangan.
3. pertanian;
4. tambahan gizi dan pendapatan; perkebunan; rakyat dan besar
5. budaya atau sosial; domestik dan mancanegara; penghasil devisa
6. gunung dan pantai
7. pedagang kecil; pedagang sedang; dan pedagang besar
8. industri hulu; industri hilir dan industri kecil
9. organik dan nonorganik
10. jalan kereta api; jalan; pantai


Jawaban Soal Esai

1. Penggunaan lahan diartikan sebagai bentuk intervensi atau campur tangan manusia terhadap lahan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya, baik material dan spiritual.
2. Macam-macam pola permukiman, antara lain.
a. pola permukiman memanjang yang dibedakan menjadi pola permukiman memanjang sungai, mamanjang jalan, memanjang pantai, dan mamanjang rel kereta api.
b. pola permukiman terpusat
c. pola permukiman menyebar
3. Pola permukiman di datran rendah karena daerahnya berbentuk datar maka pola permukiman di datran rencah cenderung mengikuti perkembangan daerah karena ketersediaan air yang cukup dan daerah yang subur maka pola pemukiman akan berkembang secara pesat dan pembangunan tidak mngalami kesulitan.
4. a. pusat daerah kegiatan (pusat kota)
b. zona transisi merupakan daerah industri menugfaktur dan pabrik, dan wilayah permukiman yang di huni oleh keluarga terpandang.
c. wilayah permukiman tempat tinggal masyarakat berpengahasilan rendah
d. wilayah tempat tinggal masyarakat berpengahsilan rendah
e. wilayah tempat tinggal masyarakat berpenghasilan tinggi
f. wilayah jalur batas desa kota.
5. kadar garam air laut tidak sama karena dipengaruhi oleh oleh besar kecilnya penguapan air laut; dan bayak sedikitnya penambahan air tawar, baik dari air sungai, air hujan, atau gletser.
6. a. sungai konsekuen sungai yang arah alirannya sesuai dengan lereng daratan.
g. sungai insekuen, yaitu sungai yang memilikiarah aliran tidak teratur dan tidak terikat oleh daratan.
Gambar :
7. Lima lapisan atmosfer, yaitu lapisan troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, ekosfer. Semua penting karena setiap lapisan atmosfer mempunyai fungsi yang berbeda-beda untuk memberi kenyamanan hidup bagi kehidupan di bumi.
8. perbandingan wilayah laut dan daratan di wilayah indonesia, yaitu 3:2. Batas-batas perairan international yang disepakati berdasarkan perjanjian international ialah batas landas kontinen, batas laut teritorial, dan batas Zone ekonomi eklusif.





















Ujian Akhir Tahun


No. Jawab No. Jawab No. Jawab
1 A 16 B 31 B
2 C 17 D 32 A
3 D 18 B 33 D
4 B 19 D 34 A
5 D 20 A 35 B
6 B 21 B 36 C
7 C 22 D 37 C
8 D 23 A 38 A
9 B 24 A 39 B
10 A 25 C 40 D
11 C 26 D 41 B
12 D 27 D 42 D
13 C 28 D 43 A
14 C 29 A 44 B
15 A 30 B 45 D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar